Tanggal Hari Ini : 12 Nov 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Biarlah Krisis Ekonomi Terus Berjalan, Pelaku Bisnis UKM Tetap Berlalu
Minggu, 14 Oktober 2018 06:54 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Chicago, Amerika Serikat. Kota Metropolis yang tidak pernah sepi. Hampir tiap jam saya mendengar bunyi sirene mobil polisi yang bunyinya cukup berisik. Dalam hati saya, apakah kota ini tingkat kejahatannya benar-benar cukup tinggi sampai seringkali bunyi sirene mobil polisi terdengar berkali-kali.

Berbeda dengan Washington, DC dan Kalamazoo yang begitu tenang.

Chicago jumlah penduduknya padat. Orangnya modis-modis. Sebagai kota metropolis sangat terasa betul atmosfirnya.  Di kota inilah saya mempelajari entrepreneurship.

Entrepreneurship  berkontribusi sangat tinggi dalam peningkatan ekonomi AS. Peranan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan besar dan lembaga keuangan membantu usaha kecil benar-benar begitu optimal.

Di Chicago saya berkesempatan berkunjung di Kantor Pusat Boeing. Disini saya mempelajari bagaimana perusahaan besar sekelas Boeing menyalurkan dana CSR nya. Sebelum kami melakukan diskusi, saya ditemani Direktur CSR Boeing Company untuk berkeliling melihat project- project Boeing. Sungguh fantastis.

Dalam kesempatan ini saya bertemu dengan Direktur CSRnya, bernama Tracei Hall. Dia menjelaskan bahwa Boeing menyalurkan dana CSR nya dengan cara mendirikan pabrik-pabrik yang menyerap tenaga kerja di negara miskin, seperti di India misalnya. Alasan mengapa Boeing memilih India untuk program CSR nya, karena di India masih banyak orang miskin namun juga banyak orang-orang pintar di sana dan yang terpenting masyarakatnya bisa berbahasa Inggris.

Boeing bekerjasama dengan TATA Group,  perusahaan yang cukup besar di India untuk membangun pabrik Boeing disana. Dengan cara itu, Boeing dapat membantu masyarakat miskin India, tetapi di sisi lain ia juga memanfaatkan kepintaran  orang india dalam teknologi.

Biarlah Krisis Ekonomi Terus Berjalan, Pelaku Bisnis UKM Tetap Berlalu

Biarlah Krisis Ekonomi Terus Berjalan, Pelaku Bisnis UKM Tetap Berlalu

Saya sempat menanyakan apakah tidak ada diskriminasi di Perusahaan Boeing mengingat dia berkulit hitam?. Tracei kemudian menjelaskan bahwa beruntung sekali dia bekerja di perusahaan sekelas Boeing  dimana perusahaan ini pekerjanya berasal dari seluruh dunia maka mereka sudah terbiasa dengan perbedaan.

Saya juga sempat menanyakan bagaimana persaingan dalam dunia kerjanya. Tracei tidak melihat orang lain sebagai pesaing atau musuh. Tracei berkata bahwa musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Hal tersulit menurut Tracei adalah mengalahkan diri sendiri dari rasa malas.

Apakah tidak minder atau merasa tersaingi dengan wanita-wanita yang kerja di perusahaannya dan mereka hanya mengandalkan kecantikan. Tracei dengan tegas menjawab bahwa dia merasa cantik, dia menambahkan bahwa setiap wanita itu pasti punya kecantikannya sendiri-sendiri. Berbanggalah dengan dirimu sendiri. Percaya dirilah dengan apa yang kamu punya. Satu pesan saya bahwa kamu tidak perlu takut akan kerut dibawah matamu yang timbul karena kamu banyak membaca buku. Karena kerutan dimatamu itulah bukti nyata bahwa otakmu tidak kosong, kamu rajin membaca dan itu bisa membuat kamu menjadi wanita yang cerdas. Cantik itu tidak hanya identik dengan keelokan wajah tetapi dengan isi kepala dan kepribadian yang bagus itu akan membuat semua wanita menjadi cantik.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari