Tanggal Hari Ini : 18 Oct 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Meski Usaha Kecil Manajemen Bisnis Harus Oke
Jumat, 10 Agustus 2018 07:45 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Banyak pengusaha kecil yang tidak mau belajar dan menyepelekan manajemen usaha. Mengelola usaha dilakukan dengan seenak udelnya. Tidak ada pembukuan usaha. Tidak ada pencatatan usaha. Bahkan  usaha dibiarkan berjalan alamiah begitu saja, seperti tak terurus. Begitu bangkrut mulai sadar bahwa  usahanya  telah salah jalan.  Terlambat !

Mulai Sekarang, semua usaha, bahkan yang paling kecil sekalipun harus mau belajar mnegelola usaha dengan benar. Belajarnya boleh sambal jalan saja (learning by doing), tetapi harus cepat dan sungguh-sungguh. Para taipan dan pebisnis sukses zaman dahulu meski banyak yang tidak memiliki pendidikan tinggi tetapi mereka sangat memahami filosofi dan manajemen bisnis.

Belajar manajemen bisnis adalah belajar mengelola usaha, mulai dari mengatur operasional usaha, mengelola uangnya, mengelola modal, mengelola modal, serta mengelola investasi. Mengelola uang, ini sangat penting. Jika salah mengelola, meskipun usaha bagus bisa berujung kebangkrutan.

Mengelola modal juga penting. Tanpa pengelolaan yang benar dan baik, modal bisa menyasar ke peruntukan yang tidak semestinya. Ujung-ujungnya biasa salah sasaran peruntukan, dan menyulitkan usaha.

Meski Usaha Kecil Manajemen Bisnis Harus Oke Para pelaku usaha mikro dan kecil jarang mau memulai usaha dengan penghitungan modal yang benar. Ini penyakit umum, jika usaha sudah mulai mendapatkan keuntungan mereka sering lupa menggunakannya dengan benar. Keuntungan usaha sering habis digunakan untuk keuntungan pribadi. Harusnya sebagian keuntungan digunakan untuk memupuk usaha agar lebih besar dan lebih berkembang lagi

Mencatat transaksi usaha juga bagian dari manajemen usaha. Transaksi apa saja, mulai dari pembelian hingga penjualan. Gunanya agar diketahui arus perjalanan barang dan uang. Belum lagi soal transaksi hutang piutang. Sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil jarang mencatatkan hutang yang mereka peroleh, termasuk membayarnya. Karena tidak ada pencatatan seringkali aliran hutang piutang ini tidak terdeteksi dalam arus perjalanan keuangan usaha.

Mengetahui jumlah hutang juga sangat penting. Hutang bukan hal yang dilarang dalam berbisnis, tetapi hutang harus dikelola dengan benar dan baik. JIka tidak ada pencatatan hutang, bagaimana dapat mengelola hutang dengan baik? Hutang apapun dan dimanapun, termasuk hutang di bank dan lembaga keuangan lainnya, hutang barang kepada pemasok, hutang kepada keluarga, bahkan hutang kepada saudara, teman bahkan investor. Selain pencatatan hutang, penting juga pencatatan piutang. Jangan menganggap sepele piutang. Piutang yang tidak dikelola dengan baik berpotensi macet, dan menjadi beban perusahaan. Pencatatan piutang yang benar menghindari perusahaan terperosok dalam matamorgana. Sepertinya untung banyak tetapi dalam bentuk piutang, itu terasa sangat menyakitkan.

Pencatatan penting lainnya yang juga perlu dibuat adalah mencatat keuntungan. Banyak usaha yang tidak tahu hari ini untungnya berapa, seminggu untungnya berapa, sebulan untungnya berapa. Bahkan dalam setahun dan periode tertentu juga tidak tahu berapa untungnya. Jika sebuah usaha tidak tahu berapa untungnya, bias ditebak usaha tersebut juga tidak tahu arahnya. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari