Tanggal Hari Ini : 11 Dec 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Rujiyanto, Branding dan Packaging Sebagai The Best Salesman
Jumat, 10 Agustus 2018 07:40 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Industry kreatif yang tumbuh subur saat ini  melahirkan banyak peluang produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyakat.  Masyarakatpun memiliki banyak pilihan menentukan mana yang dipilih dari begitu banyak produk dan jasa yang ditawarkan. 

Para Industriawan dan pemilik bisnis berlomba-lomba menancapkan daya ingat dan image ke benak masyarakat agar produk dan jasa yang ditawarkan selalui menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi apa yang terjadi. Banyak produsen yang fokus memikirkan konten dan pelayanan, tetapi melupakan membangun branding dan packaging.

Menurut Rujiyanto, praktisi branding, yanag juga dosen di Program Studi Desain Komunikasi Visual, School of Design, ini mengungkapkan branding dan packaging memiliki 4 elemen yang sangat penting dalam memasarkan produk dan jasa anda.

Pertama, menurut Rujiyanto, branding dan packaging merupakan citra bisnis anda. “Didalamnya terdapat banyak informasi dan integritas yang anda jual, ada image dan reputasi, juga trust. Bagi industry makanan dan minuman, packaging bukan sekedar pembungkus tetapi bagian dari brand building yang sangat penting bagi pelanggan,” cetus dosen yang aktif sebagai disainer logo dan packaging ini.

Rujiyanto, Branding dan Packaging Sebagai The Best Salesman

Kedua, lanjut Rujiyanto, packaging juga berfungsi sebagai tools marketing yang dahstyat. Pencantuman dan legalitas logo halal MUI disebuah packaging pada produk halal sangat dapat mempengaruhi pelanggan yang mencari produk-produk halal untuk menjadi pilihannya.

Rujiyanto, Branding dan Packaging Sebagai The Best Salesman   Branding dan packaging, menurut Rujiyanto memiliki 4 elemen penting, yaitu element fungsional, memiliki estetis yang baik, informatif, dan sebagai “the best salesman”.

Iya, sebagai “The Best Salesman”. Maksudnya, menurut Rujiyanto, branding dan packaging harus mampu menjual produk yang ada di dalamnya ketika produk tersebut bersaing di rak-rak supermarket atau dipasaran.

“Ketika produk kita di display atau berada di rak jualan bersanding dengan produk-produk lainnya, maka packaging harus mampu menjual produk itu sendiri. Brand dan packaging sebagai salesman, mereka sudah dapat ‘berbicara’ kepada calon pelanggan.

Rujiyanto menengarai, persoalan usaha kecil saat ini adalah membuat produk yang bagus tetapi lemah di branding dan packaging. Banyak kemasan yang fungsional tetapi tidak estetis, tidak informatif, dan tidak menjual. Contohnya kemasan makanan yang hanya menggunakan plastik di sablon tanpa mencatumkan ingredient yang benar. “ Itu paling banyak terjadi di usaha-usaha mikro dan kecil kita saat ini,” ujarnya.

Dalam sebuah sesi tanya jawab mengenai branding dan packaging dalam sebuah seminar kewirausahaan bagi UKM, Rujiyanto mengungkapkan bahwa branding dan packaging adalah sebuah identitas.

Identitas dalam bisnis, menurut Rujiyanto sangat penting. Hanya dengan melihat brand dan packaging saja orang sudah mengenal produk tersebut dan reputasinya. Siapa yang tidak mengenal Aqua, Teh Botol Sosro, Mc Donald. Mereka telah berhasil membangun nilai equity brandnya terjadi seperti saat ini. n

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari