Tanggal Hari Ini : 18 Oct 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Merancang Usaha Salon Kecantikan
Senin, 12 Maret 2018 04:02 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Menentukan bisnis gampang-gampang susah. Perlu kejelian dan insting bisnis yang jitu untuk melihat pasar yang prospektif. Salah satu bisnis yang memiliki prospek cukup bagus adalah bisnis salon kecantikan.

Mereka bisnis salon kecantikan memiliki prospek yang lumayan bagus. Pertama, jumlah konsumen yang menjadi calon pelanggan semakin banyak jumlahnya. Kedua, terjadi perubahan sosial dan gaya hidup, dimana semakin kecil waktu yang dimiliki oleh masyarakat khususnya kaum wanita untuk merias diri sendiri, sehingga praktis kebutuhan jasa merias di salon-salon kecantikan untuk berbagai keperluan semakin besar peluangnya. Ketiga, wanita kini semakin modis dan sadar penampilan diri sehingga mereka rela menghabiskan waktu seharian di salon kecantikan demi menjaga tubuh mereka tetap fresh dan cantik.
Peluang ini ditangkap oleh para pengusaha sehingga di setiap daerah dimanapun akan dengan mudah ditemui gerai-gerai salon kecantikan. Lokasinya bukan hanya di mall dan lokasi strategis lainnya, tetapi di pasar-pasar, pertokoan, hingga di jalan-jalan sempit juga bertebaran bisnis salon kecantikan.
Setiap gerai salon kecantikan bahkan memiliki berbagai jenis layanan yang berbeda-beda, mulai dari layanan standar berupa creambath dan facial, spa, kini ada lagi yang memberikan layanan lulur lumpur, sulam bibir, bahkan yang paling esktrim adalah suntik putih serta lips injection. Semua layanan ini menawarkan impian bagi kaum wanita agar penampilannya lebih aduhai dan terlihat cantik.
Persaingan bisnis salon wanita juga terbilang padat, namun jika memiliki strategi yang menarik dan layanan prima peluang untuk mendapatkan pelanggan yang banyak sangat dimungkinkan.
Agar bisnis salon kecantikan ramai dan banyak pelanggan, maka diperlukan syarat-syarat khusus bagi pengelola dan yang team teknis yang bertanggungjawab dalam operasional sehari-hari. Mereka harus dilatih secara khusus, dan harus memiliki keahlian standar dan keahlian khusus, terlebih jika anda sendiri yang akan terjun mengelola usaha tersebut.
Langkah pertama yang perlu dilakukan segera adalah mendalami keahlian tekhnis manajerial di bisnis salon kecantikan. Mulai dari cara mengelola, dan manajaemen secara umum, merekrut karyawan yang handal, serta mencari inovasi promosi dan pemasaran yang tepat. Ilmu ini dapat diperoleh melalui proses pemagangan, kunjungan dan diskusi yang intens dengan sesama pebisnis salon kecantikan. Juga dapat dilakukan dengan melakukan benchmarking dengan bisnis-bisnis serupa yang telah berhasil.

bisnis salon, Merancang Usaha Salon Kecantikan

Langkah kedua yang tak kalah pentingnya adalah, mendalami secara intens teknis dan ketrampilan serta keahlian khusus langkah-langkah perawatan tubuh dengan tepat, cepat dan akurat. Juga tak kalah pentingnya adalah memahami produk-produk perawatan yang terbaik yang dimiliki usaha salon Anda.
Cara mendapatkan ilmu tersebut dapat dilakukan dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan lembaga kursus baik yang formal maupun informal. Banyak sekali lembaga kursus kecantikan yang mengadakan pelatihan atau update tatalaksana perawatan tubuh di berbagai kota. Anda juga bisa mengambil spesialisasi kekhususan yang lebih detail lagi.
Jika modal keahlian sudah dimiliki, anda sebenarnya sudah dapat mempraktekkan dengan membuka usaha salon kecantikan kecil-kecilan di rumah. Atau anda bisa menyewa tempat kecil yang rapih sebagai lokasi usaha, atau membuka gerai salon dengan perlengkapan dan team tekhnis yang lengkap.
Seperti membuka jenis bisnis lainnya yang perlu diperkenalkan atau dipromosikan, maka bisnis salon kecantikan juga perlu dipromosikan dan dipasarkan baik melalui offline maupun online. Pelayanan dan pengembangan produk, serta inovasi-inovasi bidang hair styling maupun hair treatment selalu dinantikan oleh calon pelanggan.
Bagaimana mempromosikan bisnis salon kecantikan anda agar segera dikenal oleh calon pelanggan? Berikut kiat-kiat yang diberikan para ahli dan praktisi yang telah sukses menjalankan bisnis ini yang dikutip dari www.bisnishack.com.
Pertama, awal buka berikan pelayanan gratis. Dapat dipastikan pelanggan baru akan masuk ke dalam salon, mencoba perawatan yang ditawarkan, hingga mereka dapat merasakan dan memutuskan apakah layanan salon Anda patut direkomendasikan pada teman atau keluarga mereka. Bisa jadi mereka adalah langganan tetap Anda nantinya. Untuk mendapatkan yang lebih besar tentunya harus berkorban sedikit lebih besar.
Kedua, undang artis local. Saat Anda memotong pita tanda dibukanya salon baru, mungkin semua merasa acara sudah selesai. Semuanya tampak biasa saja dan salon sudah dibuka. Salon Anda akan lebih meriah dan banyak orang akan tertarik jika bisa memberi sedikit hiburan pada mereka. Misalkan salon yang dikonsep untuk wanita. Anda bisa mendatangkan penyanyi pria yang memiliki suara memukau dan didampingi penonton, hal itu bisa menjadi hal menarik tersendiri. Tidak perlu artis ibukota yang sudah terkenal, cukup artis lokal yang memang berkualitas dan harus membawakan lagu-lagu yang dinamis hingga bisa membuat semangat. Para wanita tentu akan terhipnotis dengan hiburan yang Anda suguhkan, hingga karena senangnya merekapun berterima kasih dengan datang ke salon Anda.
Ketiga, setiap perawatan, gratis sesuatu. Promo ini yang biasa dilakukan oleh bisnis baru, termasuk salon. Mereka biasanya menyebar selebaran yang berisikan promo perawatan salonnya. Misalnya untuk hari Senin dan Kamis, menggratiskan potong rambut, gratis sampo dan conditioner untuk pengeritingan, gratis sisir untuk rebonding, dan sebagainya. Semua promo ini sangat menarik, karena sebenarnya tanpa promopun mereka akan melakukan perawatan rambut tersebut di salon Anda karena kebutuhan.
Promo yang ada akan semakin membuat mereka bersemangat ke salon Anda. Bisa juga Anda mengundang penyanyi untuk datang ke salon, dan setiap perawatan akan mendapat gratis satu request lagu untuk dinyanyikannya. Promo yang satu ini jarang digunakan, bisa Anda coba sebagai tren baru yang menarik.
Keempat, cari orang special. Anda baru saja membuka salon baru, dan menginginkan cara baru untuk mempromosikan salon. Mencari orang spesial di hari salon bukanlah ide yang buruk. Misalkan saja anggaplah hari itu adalah hari ulang tahun salon Anda, Anda bisa mempromosikan dengan mencari orang-orang yang berulang tahun pada hari itu, bisa dengan melihat KTP atau identitas lain untuk diberikan treatment gratis apapun yang dia inginkan. Cara ini mungkin tidak mudah direalisasikan karena tidak begitu menjaring orang-orang untuk masuk ke salon Anda, namun bisa disiasati dengan promo bagi orang-orang yang berulang tahun di bulan tersebut. Berikan gratis treatment spesial untuk mereka. Hal itu akan membuat mereka menjadi orang spesial, suatu hal yang menyenangkan menjadi orang spesial.
Kelima, berikan undian. Awal masa promosi untuk salon Anda sangat menentukan prospek ke depan usaha ini, kepada setiap pelanggan yang melakukan perawatan berikanlah kupon untuk undian yang akan diundi pada suatu jangka waktu tertentu. Undian ini tentunya haruslah berhadiah. Hadiah yang ditawarkan misalnya gratis satu paket rangkaian perawatan rambut, hair dryer, sisir elektrik, atau tas kosmetik, bisa juga hal yang lebih mahal seperti sepeda gunung, paket wisata, hingga sepeda motor.
Keenam, Selain promosi gratis, hal menyenangkan lainnya yang takkan dilewatkan orang adalah diskon. Sudah menjadi naluri manusia setiap ada diskon semua hal itu terasa menarik dan ingin dicicipi. Walaupun sebenarnya harga setelah dipotong diskon, tak jauh berbeda dengan harga sebenarnya. Misalkan diskon perawatan yang ditawarkan, pelanggan tidak akan segan-segan mencoba perawatan rambut berdiskon yang ditawarkan. Hal ini memiliki dampak yang hampir sama dengan poin nomor 1. Lama-kelamaan salon Anda dikenal oleh berbagai kalangan, karena adanya promo tersebut.
Tak hanya makanan yang dapat dipesan antar. Jasa perawatan rambutpun dapat dipanggil dan perawatan dilakukan di rumah pelanggan. Selain tidak perlu repot menempuh perjalanan, pelanggan akan merasa nyaman karena hanya perlu menunggu di rumah, dan karyawan Anda yang akan bekerja. Dibutuhkan karyawan yang mengerti dan menguasai daerah sekitar agar proses pesan antar berjalan lancar.
Semua promosi yang nantinya digunakan memiliki kelemahan dan kelebihan. Namun semuanya memiliki kesamaan yaitu keharusan masyarakat mengetahui bahwa Anda memiliki salon baru yang siap melayani dengan penuh tanggung jawab. Pastikan Anda berbisnis dengan baik, jangan menjatuhkan lawan bisnis dalam promosi Anda. Hal itu hanya akan menjadi bumerang untuk Anda sabagai pemilik bisnis yang baru. Kekuatan terbesar dalam sebuah usaha adalah kejujuran dan ketekunan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari