Tanggal Hari Ini : 25 Sep 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Wanita Pilihlah Alasan yang Tepat Untuk Berwirausaha
Senin, 12 Maret 2018 03:23 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Global Entrepreneurship Monitor (GEM) setahun yang lalu pernah merilis hasil penelitiannya tentang kewirausahaan wanita di Indonesia. Lembaga tersebut mengungkapkan sebuah statemen penting : wanita Indonesia ternyata lebih berani membuka usaha baru dibanding laki-laki.
Bukan hanya berani membuka usaha, ternyata wanita lebih berani mengambil risiko untuk memulai usaha baru. Kata kuncinya disini adalah soal risiko.
Pernyataan ini, bukan sekedar pernyataan tendesius yang menafikkan peran para laki-laki, tetapi yang diungkapkan oleh Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada awal tahun 2017 lalu adalah untuk menggambarkan bahwa ada perubahan yang sangat besar dan mendasar bagi para wanita, khususnya wanita Indonesia. Perubahan yang besar dan mendasar tersebut berkaitan dengan risiko yang harus ditanggung oleh kaum wanita.
Hasil penelitian itu juga mengungkapkan mengenai peluang lelaki dewasa di Indonesia untuk berwirausaha. Kesempatan dan kemampuan berwirausaha para lelaki dewasa untuk berwirausaha lebih tinggi daripada yang dirasakan para wanita, namun jumlah wanita yang memulai usaha lebih banyak daripada lelaki.

Wanita Pilihlah Alasan yang Tepat Untuk Berwirausaha, Global Entrepreneurship Monitor (GEM), Wanita Lebih Mudah Bersyukur

Data ini penting bagi pengambil kebijakan ditingkat lokal, maupun nasional, khususnya yang memiliki tanggungjawab terhadap regulasi bagaimana meningkatkan peran wanita untuk berwirausaha. Hasil penelitian tersebut merekomendasikan satu hal, pentingnya dukungan ekosistem yang memadai bagi calon-calon wirausaha bagi para wanita. Tujuannya agar mereka bisa lebih mengembangkan usahanya dan meningkatkan dampak bagi masyarakat sekitar.

Wanita Lebih Mudah Bersyukur
Ditilik dari segi kepuasan hidup, ternyata wanita pewirausaha memiliki tingkat kepuasan hidup lebih tinggi dan lebih mudah bersyukur daripada lelaki. Apa artinya? Wanita lebih mudah mencapai kebahagiaan dengan semua pencapaian yang telah dilakukan, antara lain penghasilan yang lebih tinggi, karier dan perhatian keluarga seimbang, serta mampu membuat hidup mereka dan keluarganya berbeda dari keluarga lainnya.

Alasan wanita berwirausaha agar memiliki bisnis sendiri dan mendapatkan lebih banyak penghasilan adalah alasan utama wanita terjun sebagai pewirausaha. 

Sebagai perbandingan, seperti yang disitir oleh berbagai media online, Di Amerika Serikat rata-rata wanita wirausaha mampu meraup penghasilan sekitar 63.000 dollar AS per tahun. Meski penghasilan para pemilik bisnis pria lebih tinggi, tetapi seorang wanita bisa memiliki bisnis sampingan lainnya sehingga sebenarnya penghasilan resminya bisa lebih tinggi dari itu.
Waktu yang fleksibel adalah alasan wanita untuk berwirausaha. Kemampuan mengatur waktu yang tepat, dengan pilihan bisnis yang tepat pula, menjadikan wanita memiliki kepuasan dalam berwirausaha. Banyak para wanita yang merasa puas dan bahagia ketika bisnisnya sukses tetapi disisi lain memiliki kualitas waktu untuk mengurus keluarga.
Kegembiraan lain bagi wanita berwirausaha adalah jika pencapaian-pencapaian yang dilakukan mampu membuat diri dan keluarganya berbeda. Banyak wanita sukses berwirausaha yang dimulai dari gerakan sosial, yang berlanjut menjadi gerakan bisnis yang meluas.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari