Tanggal Hari Ini : 25 Sep 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Merencanakan Bisnis Di Tahun 2018 (Bagian 3, Selesai)
Senin, 12 Maret 2018 03:15 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tahun demi tahun sudah terlewati. Berbagai perubahan juga sudah banyak terjadi. Sebagian orang, sudah membulatkan tekad untuk mengawali tahun 2018 dengan berbisnis atau berwirausaha. Berikut adalah catatan majalah Wirausaha dan Keuangan untuk membantu mempersiapkan rencana anda berwirausaha tahun depan. Simak yuk sambungan edisi lalu.
Edisi lalu kita sudah membahas perilaku calon konsumen di lokasi yang akan didirikan usaha. Perilaku konsumen sangat menentukan produk dan jenis layanan apa yang tepat. Selanjutnya, setelah mendapatkan data dan profil mengenai calon konsumen atau calon pelanggan, langkah selanjutnya adalah memilih bisnis apa yang tepat, dan memilih produk atau jasa yang dijual.
Business plan bukan hanya dibuat untuk menentukan lokasi usaha, nama perusahaan dan merek, tetapi juga menentukan membuat rencana produk atau jasa yang akan dijual. Tidak mungkin sebuah usaha didirikan tanpa tahu produk apa yang akan dijual.
Pilihan produk yang akan dijual, berkaitan erat dengan channeling distribusi, bentuk promosi yang akan dilakukan, dan besarnya laba yang akan diperoleh. Jika produk atau jasa telah dirancang dengan baik maka startegi berproduksi dan menjualnya kepada konsumen atau calon pelanggan juga harus sudah ditentukan. Rencana usaha untuk membuat produk harus dibuat sesuai dengan tujuan perusahaan, jadi tidak boleh menyimpang dari apa yang telah ditetapkan.

Merencanakan Bisnis Di Tahun 2018, Membuat Bisnis Plan, cara menghitung laba rugi


Untuk memilih produk atau jasa yang akan dijual maka ada beberapa hal jadi pertimbangan, antara lain pertimbangan tentang barang atau jasa yang akan dijual apakah banyak digunakan atau dibutuhkan oleh masyarakat. 
Kedua, pertimbangkan persaingan. Jika produk atau jasa yang akan dijual terlalu banyak pesaing, pilihlah produk yang tidak terlalu banyak pesaing namun cukup banyak dibutuhkan. Ketiga, pertimbangkan dayabeli konsumen. Apakah masyarakat sekitar di lokasi usaha anda memiliki daya beli yang cukup, dan berapa kemampuan daya beli yang masih terjangkau di masyarakat tersebut. Juga penting untuk mengetahui segmentasi pasar, dan strategi masuk ke pasar konsumen. 
Ingat, rencana bisnis tidak memiliki makna apapun jika tidak dijalankan. Sebuah bisnis yang memiliki rencana dan strategi yang baik sudah separoh keberhasilan, sisanya ketekunan dan daya juang anda untuk menentukan keberhasilan berikutnya.
Selamat berbisnis dengan sepenuh hati di tahun 2018.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari