Tanggal Hari Ini : 17 Feb 2019 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Merencanakan Bisnis Di Tahun 2018 (Bagian 1)
Kamis, 08 Maret 2018 06:53 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tahun demi tahun sudah terlewati. Berbagai perubahan juga sudah banyak terjadi. Sebagian orang, khususnya para calon pensiunan atau mahasiswa yang baru lulus, terutama yang telah membulatkan tekad untuk mengawali tahun 2018 dengan berbisnis atau berwirausaha berikut adalah catatan majalah Wirausaha dan Keuangan untuk membantu mempersiapkan rencana anda tahun depan. Simak yuk.
Pertama, belajar memproyeksikan bisnis kita di masa depan. Ini semacam angan-angan saja, seandainya-seandainya. Karena sebagai pemilik usaha anda harus memahami proyeksi-proyeksi yang terkait dengan bisnis kita, diantaranya adalah proyeksi omzet, dan proyeksi laba usaha.
Untuk mendapatkan gambaran mengenai proyeksi omzet dan laba usaha kita juga harus mengetahui gambaran produk, biaya produksi dan biaya operasional. Penting juga mengetahui harga-harga bahan baku yang menjadi dasar perhitungan omzet, dan besaran biaya operasional yang dibutuhkan. Karenanya, setiap pemilik harus memiliki wawasan dan pengetahuan tentang pengadaan barang. Contohnya, jika anda memiliki usaha kuliner rumah makan bebek goreng misalnya, maka untuk mendapatkan proyeksi omzet dan laba yang pas, anda harus mengetahui dan dapat menyusun harga perkiraan pembelian bahan-bahan, seperti daging bebek, bumbu dan biaya operasional lainnya. Termasuk menghitung biaya tenaga kerja, bunga bank jika anda menggunakan kredit modal dari perbankan.
Anda juga harus memiliki lebih banyak refensi dan data mengenai sumber pembelian dan harga yang paling efisien. Jika anda mampu menyusun proyeksi-proyeksi tersebut diatas dengan tepat, anda akan lebih mudah mengetahui adanya kendala atau dukungan yang perlu diberikan dalam bisnis anda, termasuk menentukan strategi dalam berhadapan dengan segmentasi pelanggan dan persaingan.
Penting juga bagi anda untuk memahami referensi harga, memahami perhitungan harga satuan, memahami komponen-komponen biaya, memahami analisis titik pulang pokok usaha, memahami apa yang disebut fixed cost, variable cost, cara mereduksi berbagai biaya menjadi lebih efisien, dan lain sebagainya.
Menjadi pewirausaha bukan hanya sekedar melek bisnis, bukan sekedar berjualan yang tidak tahu usahanya merugi atau untung, tetapi juga harus memahami perilaku bisnis dengan detail. Karena itu perencanaan sejak awal usaha sangatlah penting, tetapi jangan terjebak dengan perencanaan yang terlalu njliemet dan rigit karena hal itu akan membuat anda terlambat dan dapat mengakibatkan anda kurang cepat action. Yakini saja bahwa tidak ada perencanaan yang sempurna.

Merencanakan Bisnis Di Tahun 2018, Membuat Bisnis Plan, cara menghitung laba rugi

Membuat Bisnis Plan

Rencanakan bisnis anda dengan mengawali membuat bisnis plan yang dapat menjadi pegangan anda untuk melangkah. Bisnis plan tersebut harus memuat bidang bisnis apa yang akan anda buat, dimana tempatnya, rencana pemasarannya, sumberdaya atau tenaga kerja yang terlibat, bahan baku, modal dan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha yang akan dijalankan tersebut. Jika anda tidak mampu membuat bisnis plan sendiri, anda dapat meminta orang lain membuatnya.
Jika anda ingin membuat bisnis plan yang lebih detail, buatlah analisa rencana bisnis saat ini dan juga analisa rencana bisnis untuk masa mendatang. Buat juga analisa tentang pendapatan yang didapatkan perusahaan, analisa keuangan, termasuk analisa keuangan yang dapat menggambarkan kondisi arus kasnya.
Penting juga dalam membuat bisnis plan membuatnya dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jika ingin membuat perencanaan tersebut jangka panjang maka hal ini dibuat untuk 3 tahun kedepan, dan jangka pendek dibuat perencanaan setidaknya dalam sekali proses produksi atau setahun.
Apa pentingnya bisnis plan bagi anda yang akan memulai bisnis. Ini semacam peta, yang dapat menjadi arah ketika anda mulai berjalan menjalankan usaha. Peta itu tidak selalu tepat, tetapi setidaknya anda mulai dapat mengukur apa saja yang harus disiapkan dan apa saja yang harus dilakukan.
Bisnis plan ini penting juga kalau anda kelak membutuhkan modal, atau mengajak teman anda menjadi investor. Mereka bisa tahu kearahmana bisnis yang anda jalankan kelak akan berjalan, berapa potensi keuangtungan yang akan didapat, dan prospeknya di masa mendatang.
Bagi usaha-usaha kecil, bisnis plan yang dibuat tak perlu serinci seperti perusahaan besar. Cukup yang sederhana saja. Selamat membuat bisnis plan.  (bersambung edisi depan)

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari