Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Eduwisata di Puslit Koka Jember
Rabu, 07 Juni 2017 03:14 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Sebuah pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia yang terletak di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, tiba-tiba menjadi daerah yang ramai dikunjungi banyak wisatawan. Jika hari sabtu, minggu, atau hari libur, tak kurang dari 3000 orang yang datang meramaikannya. Mengapa kini begitu ramai? 

Masyarakat sekitar menyebut daerah wisata baru itu dengan sebutan “Puslit Koka Jember”. Puslit Koka Jember sebenarnya bukan daerah tujuan wisata, yang menyajikan indahnya pemandangan alam, namun daerah ini adalah areal perkebunan pusat pengembangan komoditas kopi dan kakao di Indonesia.
Sejak didirikan Pemerintah Kolonial Belanda tahun 1911, Puslit Koka Jember sudah menjadi pusat kajian pengembangan kopi dan kakao yang ada di Nusantara ini. Maka tidak heran jika di perkebunan yang memiliki luas tak kurang dari 300 hektar ini terdapat berbagai varietas kopi dan kakao/coklat dari berbagai pelosok daerah di Indonesia.
Prestasi Puslit Koka Jember sudah sangat dikenal di dunia. Tidak heran jika cukup banyak para peneliti kopi dan kokao dari berbagai negara sering berkunjung ke tempat ini. Masyarakat awampun disekitar Jember juga tertarik untuk mengunjungi dan melihat dari dekat berbagai aktifitas yang dilakukan instansi ini.
Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, akhirnya pada bulan Mei tahun 2016 lalu menetapkan Puslit Koka Jember sebagai lokasi Eduwisata dan terbuka untuk umum. Pengelola Puslit Koka Jember berinisiatif mengembangkan wisata yang berbasis pada edukasi atau pembelajaran yang ditujukan kepada masyarakat umum, terutama pada siswa, pelajar, akademisi dan petani dengan harapan setelah mengikuti pembelajaran di puslit, dapat membawa pulang banyak ilmu tentang kopi dan kakao.
Berbagai sentra edukasi yang disajikan antara lain pemaparan secara utuh proses penelitian kopi dan kakao di Puslit Kopi Koka Jember, dari mulai pengembangan varietas, proses budidaya, hingga pengelolaan produk dari bahan mentah menjadi produk pangan olahan.

Eduwisata di Puslit Koka Jember, Puslit Kopi Koka Jember, tempat wisata di jember, kewirausahaan

Masyarakat diajak bukan hanya sekedar melihat-lihat tetapi berpartisipasi dalam praktek sederhana, mulai dari cara perawatan tanaman, pemetikan buah, hingga pengeolahan hasil produksi, bahkan menyajikan minuman kopi dan coklat bercitarasa tinggi.
Di Puslit Kopi Koka Jember ini juga seringkali diadakan berbagai workshop mulai dari cara memproses pembuatan kopi dan coklat yang benar dan menghasilkan produk yang bercitarasa tinggi, juga cara-cara memetik buah kopi yang benar dengan langsung praktek dikebun. Selain itu, juga diajarkan proses merancang dan menggunakan alat seperti mesin produksi kopi dan kakao yang cukup canggih. Khusus bagi para petani, akan disediakan kelas khusus yang tentunya tidak kalah menarik. Semua proses pembelajaran disini akan dikemas dengan suasana enjoy dengan pemandu yang ramah seperti saat sedang berlibur di tempat wisata.
Sejumlah fasilitas penunjang di lokasi juga telah disediakan termasuk guest house, tempat ibadah, toilet dan lain-lain untuk menyempurnakan konsep berlibur sambil belajar dengan suasana perkebunan yang sejuk dan asri dengan keindahan panorama alam.
Jika anda seorang entrepreneur, atau pejabat yang ingin mengembangkan potensi-potensi agribisnis menjadi daerah tujuan wisata, Puslit Kopi Koka Jember bisa jadi rujukan.
Jarak yang tidak jauh dari pusat kota Jember dengan akses jalan yang mudah, memungkinkan masyarakat dari berbagai daerah kini menyempatkan waktunya untuk bertandang ke sini.
Bagi Pemda Jember, berkembangnya eduwisata Puslit Koka menjadi berkah tersendiri. Pusat-pusat perekonomian, pusat-pusat kuliner bermunculan. Bahkan produk pangan olahan yang dihasilkan juga sangat khas dan menantang.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari