Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Dari Mikro ke Kelas Menengah, Upaya Memperbesar Usaha
Selasa, 06 Juni 2017 05:38 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Jika dihitung-hitung, jumlah pengusaha mikro dan kecil di Indonesia sangatlah banyak. Bahkan boleh disebut sangat banyak sekali, untuk mengatakan bilangan yang berjuta-juta jumlahnya. Namun apakah usaha-usaha mikro kecil tersebut dapat bermetamorfosa menjadi usaha menengah dan besar? Sangat sedikit jumlahnya. 

Untuk Mengembangkan usaha mikro dan kecil menjadi usaha menengah atau besar memang tidak gampang. Perjuangannya sangat berat dan perlu langkah taktis untuk mencapainya. Pemilik dan pengelolanya harus belajar terus menerus, berinovasi dan pantang menyerah. Mereka pun harus berjuang dan menerapkan kiat-kiat khusus agar usahanya berhasil dan besar.
Kiat atau tips tersebut tidak serta merta diterapkan begitu saja. Akan tetapi, harus dipelajari dan dipahami sebelum benar-benar diterapkan. Tujuannya agar sang pengusaha paham dan mengerti tujuan dan fungsi dari kiat dan tips mengembangkan usaha kecil itu sendiri.

Berikut adalah kiat mengembangkan usaha mikro kecil agar menjadi usaha menengah yang kuat dan sukses.
Pertama, selalu dimulai dengan platform bisnis dengan strategi bisnis yang jelas. Platform bisnis menyangkut ide dan gagasan bisnis, model bisnis dan impian yang diharapkan. Tanpa platform bisnis yang jelas maka sulit merumuskan bisnis seperti apa yang akan dibentuk di masa depan. Platform bisnis akan mempermudah anda menjalankan strategi yang akan ditempuh, anggaran, sumberdaya manusia dan model pengembangannya.

Dari Mikro ke Kelas Menengah, Upaya Memperbesar Usaha, Keuangan usaha mikro, kewirausahaan, kiat sukses membangun usaha

Untuk mengembangkan bisnis kecil menjadi besar harus memiliki platform dan strategi  bisnis yang jelas 


Kedua, menjalankan operasional bisnis dengan efisien. Terkadang masalah utama saat membesarkan usaha adalah minimnya pengetahuan dan praktek menjalankan bisnis secara efisien. Pengertian efisien adalah bekerja secara efektif dengan hasil optimal dengan biaya-biaya pengeluaran yang efektif pula. Kadang perlu memiminimalisir biaya-biaya operasional yang tidak penting dan tidak perlu untuk memperoleh produk yang dapat kompetetitif di pasar.
Ketiga, selalu mengupdate harga pasar yang kompetitif. Jika sebuah usaha memiliki produk dan layanan memiliki harga yang kompetetitif maka besar kemungkinan produk dan jasa yang anda tawarkan dapat terus diperluas pasarnya dan volumenya. Analisa harga pasar harus terus dilakukan agar anda sebagai pelaku bisnis mikro dan kecil memiliki pengetahuan yang cukup terhadap fleksibilitas dan fluktuasi harga terhadap produk dan jasa tersebut jika sewaktu-waktu terjadi perubahan dan risikonya.
Keempat, memetakan persaingan dan pesaing bisnis anda. Bisnis apapaun selalu memiliki pesaing dan selalu masuk dalam persaingan. Pahami karakteristik, kekuatan dan kelemahan pesaing perusahaan anda, pahami peta persaingan bisnis anda, dan pahami apa yang menjadi kekuatan bisnis anda. Pengetahuan ini penting agar anda memiliki kepercayaan diri dan keyakinan yang kuat terhadap produk dan jasa anda. Tanpa itu, anda akan mudah tergilas oleh persaingan dan anda berada dalam perjalanan bisnis yang tidak tahu kekuatan dan kelebihan bisnis anda sehingga andapun tidak mengerti apa yang harus dilakukan dengan bisnis anda dalam memasuki persaingan bisnis.
Kelima, berinvestasilah setelah usaha anda berkembang. Berinvestasi dengan asset-asset produktif yang kian membanyak dan memperluas potensi bagi anda untuk mendapatkan income di luar dari bisnis utama. Berinvestasi yang benar selain portofolio bisnis anda akan berkembang, asset produktif yang anda miliki dapat meningkatkan performa dan daya dukung modal bagi pengembangan bisnis berikutnya.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari