Tanggal Hari Ini : 25 Sep 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Hari Pendidikan Kewirausahaan
Selasa, 06 Juni 2017 02:20 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Berbicara kewirausahaan, ada yang berbeda membandingkan mahasiswa dan pemuda Singapura dengan Indonesia. Dalam sebuah perbincangan singkat saya dengan salah seorang mahasiswa asal Singapura beberapa waktu lalu, tergambar dengan jelas apa yang mesti dilakukan setelah lulus kuliah dari universitas. Mereka paham negaranya miskin sumberdaya alam, salah satu upaya untuk tetap survive dan competitive dalam percaturan global adalah menjadi pewirausaha. Pemikiran semacam ini bukan hanya sudah ada di benak para mahasiswa, tetapi anak-anak SD, SLTP hingga SLTA pun telah memilikinya. Dosen dan semua infrastruktur pendidikan diarahkan untuk menghasilkan manusia-manusia yang memiliki basis entrepreneurship tinggi, dan dapat bersaing secara global.
Di Indonesia, hal semacam ini belum menjadi sebuah kebiasaan. Banyak anaka-anak SLTA tidak mengetahui apa yang harus dilakukan setelah lulus, pun juga dengan para mahasiswanya. Suatu hari ada serombongan mahasiswa semester akhir dari perguruan tinggi di Banten yang datang ke lokasi usaha yang saya kelola. Saya mencoba menceritakan perjalanan dan sejarah usaha dan kiat dapat unggul di persaingan yang kian hebat. Saya melihat hampir semua mahasiswa yang datang tersebut merekam dan mencatatnya. Ketika saya Tanya mengapa harus mencatat?, sebagian besar menjawab ada tugas pembuatan paper dari dosen yang mengajar kewirausahaan di kampusnya. Alamakkk.
Sebatas inilah cara berfikir mahasiswa, dosen dan pendidikan tinggi melihat dan memandang kewirausahaan. Pantas saja setiap tahun lulusan perguruan tinggi terus bertambah dari berbagai kota, dan menjadi pengangguran. Mungkin perlu dipikirkan ada peringatan hari pendidikan kewirausahaan nasional!

Hari Pendidikan Kewirausahaan, pengangguran, entrepreneurship, lulusan perguruan tinggi

Sejumlah mahasiswa melakukan kunjungan usaha di Soto Ayam Ceker Favorit Suroboyo untuk menuntaskan tugas mata kuliah kewirausahaan di kampusnya.


 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari