Tanggal Hari Ini : 23 Apr 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
RESTO-RESTO MENGGELIAT, Its Not About What Business, Its Matter How You Play.
Senin, 23 Januari 2017 07:26 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Oleh Ahmad Hidayat
CEO Restauarant Business owner The First Asian Restaurant Portal

 

Anda pernah makan di MC Donald, atau KFC, atau J-Co Donut, Pizza Hut atau Dominos Pizza, Burger King atau Dunkin Donut ? Atau masih banyak sederet resto luar lain yang pernah anda coba, yang buka dan terus buka di Indonesia...tentu saja ya, mereka sudah populer dan sudah cukup lama mereka berkiprah di negara kita.

Bagi penggiat kuliner seperti anda, mungkin bisa jadi muncul pertanyaan, kenapa begitu banyak restaurant hebat, world class company, growing sedemikan rupa, buka setiap waktu sebegitu mudahnya, dan ternyata itu di dominasi oleh perusahaan atau restaurant dengan brand luar?

Ada beberapa product atau brand lokal kini mulai muncul, cukup menggembirakan, seperti J-Co, Bread Talk, Coffee Bean atau merk lainnya. Pertanyaannya, apakah secara umum, negara mereka lebih dahulu berkembang, dan restaurant mereka lebih dahulu jualan? Atau product mereka lebih hebat dibanding product lokal? Atau ada alasan lain?Mari kita review.

 

Mengapa Stagnan

Bicara usia, di Indonesia banyak restaurant yang puluhan bahkan hampir lebih dari setengah abad telah buka, namun perkembangannya stagnan,  tidak berkibar seperti restaurant seperti brand-brand restaurant luar negeri yang ada di Indonesia, atau bahkan tidak punya cabang, kalaupun ada, hanya beberapa saja.

Tentang product. Makanan yang diolah ternyata tidak kalah enak dengan product luar, bahkan bagi penggemar makanan lokal tentu saja, makanan luar lebih tidak menarik dibanding makanan lokal. Lalu apa yang menjadikan restaurant mereka growing? Yuk kita lihat fakta keberhasilan mereka dalam menjalankan bisnisnya.

J-Co, perusahaan lokal yang baru lahir 10 tahun lalu, tetapi sudah berkibar dan mengepakkan sayapnya bahkan sampai ke manca negara. Dan konon, ternyata ia ditengarai dengan usia baru 10 tahun namun sudah memiliki outlet lebih dari 100 outlet dengan omzet hanya 4 M saja (perhari, hehe), atau 120 M per bulan.

Dengan keperkasaannya J-Co mampu mengepakkan sayapdengan membuka 10 outlet per tahun, atau kalau dirata-ratakan lagi setiap 1,2 bulan buka 1 cabang, WOW...ammazing.

MC Donald, atau KFC, atau J-Co Donut, Pizza Hut atau Dominos Pizza, Burger King atau Dunkin Donut

MC Donald, restoran cepat saji  yang berpusat di Illnois, Amerika Serikat ini telah terkenal di seantero penjuru dunia.  Restoran dengan logo huruf "M" besar berwarna kuning ini berdiri sejak tahun 1955, dan mulai pada saat itu pula McDonald's diwaralabakan. 

Karena bisnisnya yang besar, McDonald's kini telah memiliki outlet sebanyak 33.520 unit di 119 negara.

Menurut informasi di salah satu situs tentang resto, kuartal kedua tahun 2012 laba bersih McDonald mencapai US$1,3 miliar, sedangkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 1,41 miliar dolar AS,   untuk penjualan di AS naik sebesar 3,6 persen, Eropa naik 3,8 persen sementara untuk Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika penjualan mereka terus tergerus. Di Jepang, Cina dan Australia masih mencatat pertumbuhan sebesar 0,9 persen.

Total pendapatan McDonald untuk kuartal kedua 2012  jika dibandingkan tahun lalu, naik 0,15 persen menjadi US$ 6. 916 miliar.

KFC merupakan restoran cepat saji yang juga telah banyak dikenal di dunia, khususnya Indonesia. Sesuai namanya, restoran ini berpusat di Kentucky, Amerika. 
Berdiri sejak tahun 1939 dan diwaralabakan sejak tahun 1952. Saat ini di seluruh dunia, KFC memiliki cabang sebanyak 16.850 unit restoran.

Di Indonesia, hingga semester I-2012, PT Fast Food Indonesia Tbk yang merupakan pemegang lisensi makanan cepat saji KFC ini berhasil mencetak penjualan bersih berkisar Rp 1,77 triliun. Sebagai perbandingan, pada semester I-2011, FAST meraih penjualan bersih Rp 1,54 triliun. "Penjualan pada semester I-2012, naik 15% secara year-on-year", dan terus mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan pada tahun-tahun berikutnya.

Kenaikan penjualan KFC karena terus melakukan ekspansi hingga ke  95 kota di Indonesia, tak terkecuali di kota-kota utama di wilayah Indonesia Bagian Timur.

Pizza Hut, siapa yang gak kenal nama yang satu ini. Makanan khas Itali yang berkembang dari tahun ke tahun di Indonesia, masih saudaraan dengan KFC, (sister comapany – Pizza Hut, KFC, Taco Bell), seperti J-Co dengan Bread Talk.

Pizza Hut berdiri sejak tahun 1958 dan mulai diwaralabakan setahun setelahnya. Berpusat di Texas, Amerika Serikat, bisnis waralaba Pizza Hut berkembang pesat sehingga saat ini, restoran pizza ini sudah memiliki lebih dari 13.430 unit di seluruh penjuru dunia.

Dunkin Donuts merupakan toko penjual donat yang berkonsep restoran cepat saji. Tak hanya donat, restoran ini pun menjual kopi, kue muffin, dan roti.

Berpusat di Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1954 dan mulai diwaralabakan pada tahun 1955. Ia tak goyah diterpa kompetitor yang mulai muncul, buktinya, dengan kehadiran J-CO atau gerai-gerai donut lain, sampai saat ini restoran ini memiliki cabang waralaba sekitar lebih dari 10.000 gerai di seluruh dunia.

 

Modernisasi Restaurant Indonesia

Pertanyaannya adalah, apa yang membedakan restaurant-restaurant tersebut diatas dengan restaurant lokal atau bahkan international yang ada?  Apa rahasia kesuksesan mereka sehingga bisa bertahan bahkan terus berkembang dalam usia yang sudah lebih dari setengah abad?  Apa yang menyebabkan mereka bisa sustain dalam menjalankan bisnisnya?

Inilah yang perlu kita ketahui, kita pahami dan kita tiru. Bukan hanya sekedar meniru makanan nya saja, karena kalau hanya meniru makanan, tidak sedikit orang yang mampu menciptakan makanan seperti product mereka dengan rasa yang lebih lezat. Lalu apa yang bisa kita tiru dari mereka? Berikut kami uraikan hal-hal terpenting.

Pertama, System Bisnis. Semua restaurant tersebut diatas menjalankan bisnis nya dengan system. Dalam terminology bahasa, system adalah serangkaian kegiatan yang diciptakan yang satu sama lain saling berhubungan sehingga tercipta suatu kemudahan dalam rangka mencapai tujuan/hasil. 

Definisi system menurut para pakar adalah sebagai berikut : Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi,materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem, dapat juga berarti kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi, dan mereka terkait dengan komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Dalam terminology yang lain, seorang ahli mendefinisikan  system sebagai seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang. Dan masih banyak lagi definisi lain yang memiliki maksud dan makna yang sama akan arti SYSTEM.

Namun yang penting adalah bagaimana bisnis/restaurant kita bisa memiliki system dan setiap orang dalam organisasi atau restaurant kita bisa menjalankan system tersebut secara berkesinambungan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan System, sales akan terkontrol bahkan bisa dikendalikan, dengan system purchasing akan bisa di kontrol sehingga pembelanjaan tidak akan semena-mena. Fungsi lain system adalah,   seluruh biaya restaurant akan terkontrol dengan baik, kinerja karyawan akan bisa diperhatikan setiap waktu, jumlah item menu terjual akan mudah dipantau, jumlah dan ukuran setiap product yang digunakan dan dijual akan memiliki presisi yang baik dan seterusnya.

 Itulah fungsi system yang dapat mengendalikan bisnis restaurant sehingga mempermudah proses development. Seperti yang telah diuraikan diatas, dengan system yang baik, J-Co mampu membuka cabang setiap bulan diseluruh Nusantara bahkan Asia.

Kedua, People.  Jika anda memiliki system yang hebat belum tentu restaurant anda akan hebat, laris, dan menguntungkan. Anda tentu anda juga harus memiliki orang-orang yang hebat untuk menjalankan system yang telah anda ciptakan itu. Akan percuma jika anda memiliki system yang handal namun orang-orang yang anda miliki di restaurant anda tidak support dengan system yang ada. Apa jadinya?

Untuk mendapatkan orang-orang yang hebat agar bisa menjalakan system hebat, tentu tidak terlepas dari peran sumberdaya manusia yang handal di dalamnya. Untuk mendapatkan sumberdaya manusia yang handal, perlu diperhatikan beberapa syarat untuk merekrut karyawan. 1) Proses Rekrutmen. Rekrut karyawan yang memiliki passion dibidang restaurant, karena orang memiliki kecenderungan akan bertahan dan tahan banting jika ia mengerjakan sesuatu sesuai dengan minatnya. 2) Latih Mereka. Jika anda telah memiliki orang-orang yang mempunyai passion atau gairah dibidang restaurant, belum tentu mereka akan akan bekerja dengan baik jika anda tidak melatihnya. Meskipun dengan gairah yang hebat, namun jika mereka tidak atau belum tahu pekerjaan apa yang harus mereka lakukan, mereka akan menjadi segerombolan domba yang kehilangan tujuan. Latih mereka (continuous – initial training and on going training), latih dan tunjukan cara mengerjakan suatu pekerjaan, beritahu cara memotong, cara menggoreng, cara mengiris dan seterusnya. 3) Berikan Haknya. Jika mereka sudah menjalankan system yang telah ditetukan, maka berikan haknya sesuai dengan kesepakatan.  Jangan pernah menunda apalagi mengurangi dengan alasan apapun. Bahkan, berikan lebih jika mampu dan lebih awal dari yang dijanjikan jika memungkinkan.

 

Sistemisasi

Sekarang, apakah anda ingin memiliki restaurant dengan system yang baik, sehingga anda bisa membuka cabang diseluruh penjuru Indonesia atau bahkan dunia? Anda tinggal memainkan bisnis anda dengan cara-cara yang hebat, mengikuti aturan yang ada, (syariat), jalankan dengan penuh syukur, sabar dan serahkan urusan hasil kepada Sang Pemilik Alam.

Anda lebih tahu jawabanya.. selamat menjalankan restaurant anda dengan menu makanan dan minuman serta system yang anda ciptakan.

Di kota-kota besar di Indonesia kini telah banyak berdiri restaurant-restaurant  dengan menu-menu trandisional yang telah dikelola dan dikembangkan dengan system yang baik, sehingga mereka memiliki puluhan hingga ratusan cabang.

Bagaimana dengan anda?  

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari