Tanggal Hari Ini : 25 Mar 2019 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Customer Service Assistant Adalah Wajah Perusahaan Anda
Jumat, 07 Oktober 2016 04:28 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Banyak perusahaan besar yang jatuh reputasinya karena salah menempatkan orang, terutama di bagian Customer Service Assistant (CSA). Terlebih usaha kecil dan menengah yang kurang memperhatikan keberadaan CSA reputasi bisa jatuh karenanya. 

Pernah memiliki operator telepon yang ogah-ogahan dan ketus? Atau memiliki karakter yang pemarah dan wajah yang kurang bersahabat. Jika itu yang terjadi, anda harus segera memperbaikinya atau mengubah-nya menjadi lebih baik.
CSA para dasarnya adalah wajah dan suara perusahaan, ujung tombak perusahaan dalam berhubung-an dengan klien atau calon klien perusahaan. Persepsi klien atau calon klien perusahaan sering kali ditentukan oleh kontak awal mereka dengan CSA, termasuk yang bekerja dalam bagian ini adalah resepsionis dan atau operator telepon.
Peran CSA diakui sangatlah penting, dan mereka setiap saat harus selalu siap dalam menangani tamu perusahaan, baik tatap muka maupun melalui telepon, secara efektif. Banyak pelanggan atau nasabah mengeluh karena CSA kurang responsive, misalnya resepsionis tidak ramah kepada pelanggan dan tamu yang datang, operator telepon yang tidak sigap, sering meninggalkan tempat kerja, dan berbicara ketus. Apakah anda akan mempertaruhkan reputasi perusahaan anda kepada orang yang tidak memahami pelayanan prima.
OperatorLangkah terbaik untuk mengetahui kualitas layanan CSA perusahaan anda adalah dengan melakukan test atau menguji team CSA perusahaan anda langsung di lapangan. Langkah pertama bisa dilakukan dengan menelpon dan berpura-pura menjadi nasabah atau pelanggan. Apakah mereka (team CSA anda) menerima dan melakukan komunikasi dengan baik sesuai standar yang ditetapkan, apakah mereka responsive atau membiarkan dering telepon berkali-kali dan tidak mengangkatnya.
Penting bagi anda untuk memberikan pengertian kepada team CSA anda bahwa mereka adalah bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Mereka harus mampu memahami orang lain dan membangun hubungan kerja yang sangat efektif, mampu menghargai proses komunikasi sebagai elemen penting dari efektivitas profesional, mampu menyajikan informasi, baik melalui telepon atau tatap muka, dengan cara yang dimengerti dan menarik, mampu memaparkan konsep komunikasi, memiliki keterampilan mendengarkan, mengidentifikasi isu-isu yang mendasar dan mengeksplorasi solusi, mampu mendiagnosis dan menghindari hambatan komunikasi, serta mampu menggunakan umpan balik positif.
Jika team CSA anda belum susuai yang diharapkan, saat ini banyak lembaga pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan CSA anda menjadi seperti yang diharapkan, atau anda dapat mengundang professional untuk memberikan pelatihan khusus menjadi CSA yang professional. Siapa saja team CSA tersebut, mereka adalah operator telepon, telesales, telemarketers, staff administrasi, dan staf layanan pelanggan.
Jika anda memiliki CSA yang professional dan mumpuni, maka masalah-masalah mendasar pelayanan akan terjawab dengan baik seperti menangani keluhan/complaint dari pelanggan, menghindari layanan yang buruk, menanggani pelanggan yang marah, dan yang paling pen-ting team CSA anda mampu “menjual” produk dan jasa dengan kredibilitas yang tinggi.

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari