Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bukan Sekedar Tantangan
Kamis, 14 Januari 2016 05:19 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tidak mudah membentuk seseorang menjadi seorang pewirausaha yang handal, tetapi setidaknya harus tetap ada langkah dan upaya untuk menjadikan mereka memiliki pilihan, pilihan sebagai seorang pewirausaha. Ungkapan tersebut pernah disampaikan Rama P. Kusumaputra, Direktur Bank OCBC NISP saat memberikan sambutan dihadapan para pemenang dan finalis Young Entrepreneurship Spirit (YES) 2015 lalu, di Jakarta.  

Ungkapan Rama mungkin ada benarnya. Berbagai kompetisi wirausaha yang dilakukan oleh berbagai instansi dan lembaga di Indonesia telah menjaring ribuan atau bahkan ratusan ribu generasi muda dan mahasiswa untuk memberikan tantangan dan kesempatan menjadi pewirausaha. Namun apa yang terjadi, tidak mudah untuk mengubah begitu saja keinginannya  untuk menjadi karyawan atau staf kantor di perusahaan-perusahaan bergensi.

Dalam istilah Rama, menjadi wirausahawan memiliki risiko dan ketidaktentuan yang sangat besar, sehingga untuk sukses berwirausaha diperlukan tekad dan semangat yang lebih besar. Melalui Program YES OCBC, Rama tidak hanya memberikan tantangan bagi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan, tetapi juga dukungan modal dan pendanaan, serta pendampingan usaha hingga benar-benar usahanya berhasil.

Bukan Sekedar Tantangan, young entrepreneurship spirit, bank ocbc nisp, Rama P. Kusumaputra, Direktur Bank OCBC NISP

Ungkapan senada disampaikan  Raimy Sofyan. Menurutnya, berat  untuk menjadi wirausahawan jika tidak memiliki keinginan yang kuat. Mantan bankir di Abu Dhabi ini bahkan menyebut meraka para mahasiswa yang memiliki keinginan sebagai pewirausaha adalah satu dibanding seribu, namun Raimy setuju ungkapan Rama bahwa harus tetap ada langkah untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para mahasiswa untuk menyiapkan masa depannya sendiri dengan menjadi seorang pewirausaha sukses.

Berikut adalah beberapa tantangan yang harus ditaklukan bagi pewirausaha baru untuk meraih sukses berbisnis yang dikutip dari beberapa sumber.  Pertama, ide usaha anda mungkin brilian, namun potensi masalah akan selalu mengiringi dalam bisnis anda. Kedua, sebagai perintis usaha banyak hal yang harus anda lakukan, anda pikirkan, dan anda capai, lakukanlah secara terintegrasi dan penuh dedikasi. Ketiga, anda perlu menciptakan identitas dan kredibilitas usaha anda secara terus menerus agar pelanggan anda mampu dengan mudah mengidentifikasi produk dan layanan anda. Keempat, lakukanlah apa yang seharusnya anda lakukan dan apa yang tidak anda lakukan. Perbanyak sharing dan diskusi dengan praktisi atau pelaku usaha lain agar anda tahu apa tindakan yang tepat bagi bisnis anda. Kelima, anda harus belajar untuk jujur dan berani mengakui kesalahan dari semua kesalahan yang anda lakukan. Berbisnis membutuhkan keberuntungan, dan hanya dengan kejujuran dan mengakui kesalahan keberuntungan akan datang. Keenam,  lakukan perbaikan-perbaikan, dengan cermat dan cepat, karena anda perlu segera bertindak dan mengerjakan hal-hal lain yang strategis. Ketujuh, lakukan control dan pengendalian diri yang baik. Seorang pewirausaha harus memiliki keyakinan dan kepercayaan yang tinggi, namun jangan tergelincir oleh kesombongan. Anda perlu kecerdasan untuk memilih kendaraan kesuksesan dengan tepat, dan cerdas menempatkannya. Seperti pepatah Afrika Jika Anda ingin melaju dengan kencang, berkendaralah seorang diri. Jika Anda ingin melaju dengan jauh, berkendaralah bersama-sama.”. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari