Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Kabar dari Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Para UMKM Indonesia
Rabu, 13 Januari 2016 07:46 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Usaha kecil dan menengah di Indonesia memiliki tantangan yang sangat besar di masa mendatang. Di sisi lain peluang untuk memasuki potensi-potensi bisnis masih sangat terbuka besar, namun di sisi lain persaingan usaha yang keras sering menempatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terjebak dalam ketidakberdayaan, baik karena pengalaman dan kompetensi yang masih rendah, permodalan, serta jaringan pemasaran yang kerap menjadi kendala.

Padahal dalam sejarah dan praktek perekonomian Indonesia sehari-hari, keberadaan dan laju perekonomian Indonesia sebagian besar disokong oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jumlah UMKM Indonesia juga sangat fantastis mencapai lebih dari 55 juta usaha.

Salah satu cara untuk melakukan pemberdayaan bagi UMKM adalah memberika akses yang besar bagi para pelaku usaha UMKM untuk : mengusai teknologi, khususnya yang terkait dengan teknologi produksi dan pemasaran, misalnya memberikan pemahaman melalui penguasaan teknologi pemasaran melalui toko online, hal ini  merupakan sebuah strategi jangka pendek yang memberikan bekal cepat bagi para pelaku usaha UMKM untuk dapat memasuki akses pasar dengan baik. Selain itu penguasaan pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan dan finansial yang baik akan memberikan dampak yang sangat besar dalam membangun bisnis UMKM lebih tertata dan berjangka panjang karena pemahaman terhadap permodalan dan investasi dapat mendukung berkembangnya sebuah usaha dengan benar. Bisnis Macthing, yaitu sarana berdiskusi dan komunikasi antara para pelaku bisnis UMKM dalam melakukan transfer teknologi dan komunikasi, manajemen dan pengelolaan usaha, serta transfer pengalaman dalam mengelola usaha.  

Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Para UMKM Indonesia, Isharsono, Isdiyanto

Majalah Wirausaha dan Keuangan  secara periodik menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan/Workshop Kewirausahaan. Event ini dikemas secara spesifik, teknikal dan tertarget, yang melibatkan para pelaku bisnis UMKM yang berskala nasional. Model pelatihan yang dipilih adalah pelatihan/workshop yang memungkinkan para UMKM dapat melakukan percepatan dalam pengembangan bisnisnya dengan target-target yang telah ditentukan. Adapun target  pelaksanaan  workshop agar para  UMKM mampu membangun toko online sendiri, selain memiliki kemampuan dan ketrampilan menggunakan sarana berjualan melalui media online lainnya, seperti di marketplace, fesbuk, twiter, dan lain-lain. Forum ini juga berupaya untuk memperbanyak lahirnya online marketing handal dari produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku usaha UMKM.  Forum ini juga menjadi bagian dari pemberdayaan wirausahawan Indonesia, khususnya bagi para pelaku usaha UMKM di kancah yang lebih luas, baik dalam jangkauan nasional maupun internasional.

Event pendidikan dan pelatihan kewirausahaan  yang dilaksanakan di Hostel Pradana, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tanggal  21 Desember 2015 lalu, didukung oleh Program BRI Peduli, dan PT Pegadaian,  menampilkan narasumber dari beberapa daerah antara lain Isharsono, praktisi toko online dari Surabaya, yang mengajarkan mindset dan praktek  berbisnis dengan menggunakan toko online, Reni K Ashuri,   ME,Sy CFP QWP, seorang financial planner dan business coach, yang memberikan literasi tentang basic financial planning, membahas perbedaan pengelolaan uang pribadi dan uang perusahaan, financial chekup, manajemen hutang, dan pengenalan instrument investasi lainnya kepada para peserta pelatihan.

Beberapa narasumber lainnya juga turut memberikan sharing pengetahuan kepada para peserta antara lain pengalaman Rika Gunawan, alumni mahasiswa peserta Program Young Entrepreneur Bank OCBC, Slamet Riyadi, seorang innovator bisnis yang memperkenalkan beragam produk inovatif kepada peserta pelatihan kewirausahaan. 

Para peserta,  yang sebagian besar merupakan pengusaha mikro dan kecil mengungkapkan terima kasihnya kepada para sponsor yang mendukung acara ini, seperti yang diungkapkan salah seorang peserta, Ida, ia telah mendapatkan begitu banyak pengetahuan dan ketrampilan yang menjadi bekal untuk mengembangkan usahanya.  Sampai ketemu di event berikutnya.

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari