Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Satu Dasarwarsa Citi Microentrepreneurship Awards
Rabu, 08 April 2015 03:04 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Citi Peka, adalah sebuah yayasan yang peduli bagi pengembangan usaha mikro dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia. Lembaga ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang langsung bersentuhan dengan para pelaku bisnis mikro dan lembaga keuangan mikro.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah penyelenggaraan  Citi Microentrepreneurship Awards (CMA). Bersama dengan UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, sebagai mitra pelaksana, ajang penghargaan CMA ini merupakan inisiatif global yang didanai oleh Citi Foundation dengan tujuan untuk memotivasi dan menginspirasi para pengusaha yang ada di daerah untuk lebih maju, mandiri, berkembang serta dapat meningkatkan perekonomian.

Sejak diluncurkan tahun 2005 hingga saat ini, Citi Peka telah mengucurkan dana sebesar USD 905,000 untuk  menjaring lebih dari 5.000 pengusaha mikro di seluruh Indonesia dan menobatkan 92 pemenang dari berbagai kategori.

Pada tahun ke-10 penyelenggaraannya, CMA menjaring lebih dari 400 wirausaha mikro binaan LKM. Salah satu persyaratan utama mengikuti ajang CMA adalah wirausaha dengan omzet tahunan di bawah Rp 200 juta/tahun atau laba bersih kurang dari Rp 5 juta/bulan.

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, yakni penilaian administratif, survei tempat usaha dan wawancara, terpilih 16 finalis dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam 4 (empat) kategori kompetisi; (1) Wirausaha Mikro Perempuan, (2) Wirausaha Mikro Sosial, (3) Wirausaha Mikro Berwawasan Lingkungan dan (4) Wirausaha Mikro Pelestarian Budaya.

Pada tahap berikutnya, para finalis diuji oleh team juri yang dibentuk untuk  menentukan pemenang yang memiliki kriteria usahanya memiliki nilai tambah dan prospek bisnis yang lebih baik, keterlibatan dan kontribusi bagi para perempuan, pengangguran dan para disabilitas.

Satu Dasarwarsa Citi Microentrepreneurship Awards, Citi Bank, Bisnis Online, Entrepreneurship, Ide Bisnis, Info Product, Info Usaha, Keuangan, Peluangan Usaha, Profile Sukses, Waralaba

Agung Laksamana, Country Corporate Affairs Director Citi Indonesia mengungkapkan,  Citi Microentrepreneurship Awards merupakan bentuk nyata dukungan dan kepedulian Citi Indonesia terhadap perkembangan sektor usaha mikro Indonesia.

Selain menyelenggarakan CMA, City Peka juga mengadakan pelatihan ke berbagai daerah yaitu Jakarta, Serang, Jawa Barat, Yogyakarta, Semarang, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali, Bengkulu dan Lampung.

Pelatihan yang dilakukan untuk memberikan apresiasi, informasi, jejaring, meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahaan.

Selain itu, ajang ini juga turut  memberikan  kesempatan pameran produk bagi para pengusaha mikro sekaligus  memotivasi mereka bahwa usaha yang dimulai dari nol jika disertai pengelolaan yang teratur akan terus maju dan sukses.

“Program CMA dapat memotivasi para pebisnis mikro untuk sukses. Buktinya para alumni CMA saat ini sudah banyak yang naik kelas, usahanya lebih maju dan berkembang,” ujar  DR. Eugenia Mardanugraha, selaku Kepala UKM Center FEB UI.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari