Tanggal Hari Ini : 21 Jan 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Pentingnya Pendidikan Kecakapan Keorangtuaan
Jumat, 25 Juli 2014 12:17 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tidak semua calon ibu atau calon bapak paham bagaimana menjadi orangtua yang baik. Semakin banyak orangtua yang mengabaikan keluarga, dan tidak memahami fungsi dan tugas sebagai orangtua bagi anak-anaknya membuat  Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Ditjen PAUDNI,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan workshop Pendidikan Kecakapan Keorangtuaan ini.

Hal ini dimaksudkan agar orang tua bertanggungjawab dan  dapat menjadi panutan dan sumber inspirasi dan contoh pendidikan bagi anak-anak.  

Ada beberapa fungsi dan tanggung jawab yang harus diketahui oleh setiap orangtua. Karena itu Direktorat Pembinan Pendidikan Masyarakat, Depdiknas,  memberikan bekal pengetahuan bagi setiap orangtua tentang arti pentingnya  tanggungjawab orangtua terhadap pendidikan untuk pengasuhan dan perawatan anak secara ideal, pendidikan kesehatan reproduksi dan pencegahan HIV/AIDs, pendidikan untuk pengelolaan ekonomi keluarga, pendidikan untuk pemberian makanan bergizi (menu seimbang) serta pendidikan untuk keadilan dan kesetaraan.

Pimpinan Redaksi Majalah Wirausaha dan Keuangan,  saat itu berkesempatan memberikan sharing pada sesi pentingnya pendidikan untuk pengelolaan ekonomi keluarga.

Dalam kesempatan tersebut dikupas mengenai peran kecakapan keorangtuaan dalam membesarkan anak, baik dari segi  perkembangan fisik, emosi, sosial, dan intelektual anak agar menjadi generasi yang tumbuh dewasa dari sisi kemampuan orangtua mengelola ekonomi keluarganya.

Dikatakan bahwa, orangtua lelaki harus giat bekerja dan berusaha untuk menafkahi dan mencukupi kebutuhan keluarga. Namun peran yang tidak ringan adalah peran seorang ibu. Seorang ibu adalah manajer sekaligus pengendali keluarga. Karena itu bagi ibu rumah tangga harus memahami dan mengetahui kiat mengelola dan meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga.

Banyak kegiatan dan peran yang dapat dilakukan oleh ibu-ibu untuk meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga. Selain tugas utamanya sebagai ‘penjaga dan pendidik keluarga’ seorang ibu harus cermat mengatur keuangan keluarga secara cermat, dan jika memungkinkan membantu mendapatkan alternative sumber penghasilan baru bagi keluarga sesuai dengan passion dan kesukaannya. Mungin menjadi guru kursus, penulis lepas, penerjemah, ahli pembuat kue, pengelola catering, pedagang bebas, penjahit pemilik warung, disainer, arsitek, pebisnis online, dan  profesi lainnya

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari