Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
COACHING BISNIS SEBUAH MODEL
Selasa, 29 Oktober 2013 17:55 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Oleh MERIZA HENDRI, MM, Ketua GIMB Foundation, Bandung

 

Hal yang mendasar untuk menciptakan entrepreneur sukses adalah coaching. Tentu sering mendengar konsep coaching tersebut. akan tetapi, sering pula banyak orang belum melakukan peran ini dengan optimal.  Seorang coach minimal sama dengan pelatih. Dalam diri seorang pelatih, terdapat bagaimana mereka bisa melihat potensi setiap anak binaan. Setelah itu, menggali potensi tersebut dan meminta anak binaan untuk menetapkan tujuan. Disinilah awal peranan dalam menciptakan entrepreneur sukses tersebut. 

Menurut “International Coach Federation”: “coaching is partnering with clients in a thought-provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential”. Secara harfiah, dapat kita tangkap makna dari coaching yaitu kegiatan kemitraan dengan klien melalui proses memprovokasi pikiran secara kreatif sehingga menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi pribadi dan professional mereka”. Seorang coach tidak akan menggurui entrepreneur tersebut, akan tetapi menjadi teman buat mereka.

Adapun kebutuhan para entrepeneur adalah coaching untuk mengembangkan kemampuan dan potensi manajemen mereka. Manajemen seringkali kurang dipahami oleh para entrepreneur. Padahal, manajemen itu sangat penting untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. Apalagi, bisnis tersebut sangat berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia selain uang, material dan lain-lain.

Kedua, coaching untuk manajemen stratejik. Hal ini terasa sekali ketika membina entrepreneur di Bandung. Mereka perlu disadarkan bagaimana berfikir bisnis untuk jangka panjang. Kemudian, menganalisis lingkungan bisnis yang selalu berubah. Demikian juga penuh dengan ketidak pastian, tidak dapat dikontrol dan juga turbulensi. Disinilah diperlukan kemampuan entrepreneur melihat perubahan lingkungan bisnis dan menentukan pilihan strateginya.

Ketiga, coaching untuk manajemen keuangan dan akuntansi. Bisnis itu adalah create money. Itu adalah tujuan bisnis. Laba adalah salah satu tujuan bisnis. Oleh karena itu, mereka membutuhkan knowledge, skill dan attitude yang tepat dalam pengelolaan keuangan bisnis. Coaching ini akan membantu entrepreneur mengelola keuangan tersebut. Keempat, coaching untuk manajemen pemasaran. Uang itu adanya di pasar. Itulah yang selalu disampaikan oleh para pebisnis ataupun akademisi. Kegagalan dalam memahami pasar, akan berdampak pada kegagalan produk untuk dipasarkan. Coach sangat dibutuhkan untuk memahami keunggulan produk, membuat program pemasaran dan memahami perilaku konsumen mereka. 

Kelima, coaching untuk manajemen operasi. Proses bisnis setiap entrepreneur sangat berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan. Pengalaman menunjukkan bahwa mereka kurang concern dengan biaya di proses produksi sehingga mengurangi tingkat laba atau profit mereka. Sangat disayangkan, sementara pemasaran gencar, tetapi ada kesalahan dalam proses produksi sehingga biaya meningkat.

choaching pengusaha muda indonesia

Keenam, coaching untuk manajemen sumber daya manusia. Permasalahan sumber daya manusia atau karyawan setiap entrepreneur sangat kompleks. Ini menjadi faktor yang seringkali membuat entrepreneur gagal dalam bisnis mereka jangka panjang. Bisa dimengerti ketika mereka bukanlah seseorang yang berlatar belakang pendidikan manajemen. Oleh karena itu, perlu dibantu.

Ketujuh, coaching untuk membangun budaya perusahaan. Saya merasakan, bahwa, para entrepreneur mendapatkan masalah di aspek budaya perusahaan. Mereka kurang bisa merumuskan budaya perusahaan. Sementara, budaya perusahaan inilah yang mampu membangun bisnis mereka jangka panjang. Menjadi perekat dalam bisnis.

Itulah yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. Untuk memberikan coaching kepada entrepreneur, memang tidak harus semua kemampuan tersebut dari seorang coach. Mereka bisa mendapatkan coaching dari ahlinya masing-masing. Yang penting adalah bisa menggali potensi mereka untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka sehingga tercipta entrepreneur sukses.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari