Tanggal Hari Ini : 23 Nov 2014 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Kreatifitas Berwirausaha Bagi Para Mahasiswa
Rabu, 13 Juni 2012 08:45 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Oleh:Meriza Hendri

Kreativitas dan inovasi merupakan kata yang sangat lekat dengan seorang entreprenur yang sukses. Kedua kata ini juga menjadi ciri utama seorang wirausaha yang dapat diketahui dari para entrepreneur yang telah mampu mengembangkan usaha mereka, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai dosen, sudah menjadi tanggung jawab yang sangat tinggi untuk mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi sebagai bentuk dari knowledge, skill dan attitude para mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha sukses seiring dengan tuntutan para stakeholder saat ini yaitu menjadikan mahasiswa sebagai pengusaha agar mampu mengurangi tingkat pengangguran di negara ini.

Mengajar kewirausahaan selama kurang lebih tiga tahun, telah memberikan pengetahuan dan keterampilan tersendiri untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dari para mahasiswa sebagai langkah awal dan karakteristik yang utama dimiliki oleh seorang pengusaha.

Menurut Suryana(2006) kreativitas (creativity) adalah kemampuan mengembangkan ide dan cara- cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang (thinking new things). Sedangkan inovasi (innovation) adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang (doing new thinks).

Pada kesempatan dua semester kemaren, saya mencoba melakukan kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran kepada mahasiswa kelas kewirausahaan. Tepatnya pada semester sekarang, saya membagi mahasiswa menjadi lima orang dalam satu kelompok dan memilih satu bisnis yang memiliki peluang. Peluang tersebut berdasarkan survey awal yang dilakukan oleh para mahasiswa bersama anggota kelompoknya.

Beberapa point yang dapat diambil dari pilihan ini adalah mahasiswa memiliki passion yang lebih baik terhadap bisnis yang akan dijalankan. Survey dilakukan dengan wawancara, observasi, berkunjungn ke pelaku bisnis sejnis serta membaca majalah, literatur dan lain-lain, termasuk majalah Wirausaha dan Keuangan (WK) yang sedang Bapak/Ibu baca ini.

Passion yang telah dimiliki merupakan modal utama bagi mahasiswa untuk mulai membangun usaha dan mebuat draft business plan berupa strategi bisnis, keuangan, pemasaran dan yang paling penting adalah membuat sruktur organisasi dengan membagi kelima mahasiswa untuk duduk dalam posisi direktur utama, direktur keuangan, direktur pemasaran, direktur operasi dan direktur sumber daya manusia.

Kreativitas mahasiswa diasah lagi dengan mengumpulkan dana dari masing-masing mahasiswa sebanyak Rp500ribu sehingga mereka sudah memiliki dana Rp2.500.000 dan ditarget laba minimal 100%. Inilah tantangan yang sebenarnya bagi seorang mahasiswa dalam perkuliahan ini, yaitu mengembalikan uang modal dan laba yang harus dicapai minimal Rp2.500.000.

Nggak gampang seperti itu dalam mendidik mahasiswa saat ini. menjadi tantangan tersendiri. Beberapa bisnis yang dipilih oleh mahasiswa adalah beragam yaitu travel, coklat, youghurt, merchandise dan lain-lain.Karakter utama mereka mebuat desain perusahaan dari visi, misi, tujuan sampai dengan fungsi-fungsi keuanga, sdm, pemasaran dan operasi.  

Pada akhirnya, untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi melalui model Amati, Tiru dan Modifikasi atau ATM, dengan melakukan kunjungan ke perusahaan yang menjadi contoh yaitu perusahaan “pesaing” mereka ketika usaha ini dikembangkan nantinya.Wah... banyak sekali tantangannya karena mereka tidak saya berikan surat permohonan untuk penelitian ditempat tersebut.

Kreativitas lagi diharapkan dapat dikembangkan pada kegiatan ini. hasilnya... luar biasa, banyak informasi yang didpaatkan oleh mahasiswa. Salah satunya adalah ketika mereka berkunjung ke salah satu travel di Kota Bandung dan Maicih serta pebisnis coklat ternama di Kota Bandung.

Hasil ATM yang telah dilakukan tersebut mereka jalankan dengan melakukan setiap kegiatan manajmen operasi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan serta manajemen sdm di perusahaan yang mereka bentuk secara berkelompok tersebut.

Hasil penjualan dari setiap bisnis tersebut dituangkan dalam business plan yang telah disempurnakan dari kunjungan ke pelaku bisnis berdasarkan konsep ATM dan menjalankan bisnis tersebut. Terakhir adalah presentasi atas hasil pekerjaan – pada petemuan kelima belas, kreativitas dan inovasi mahasiswa

Kreativitas dan inovasi mahasiswa tidak bisa dikembangkan hanya dikelas, tetapi harus memanfaatkan sumber daya diluar kelas yaitu para pelaku bisnis yang telah berhasil dan menjalankan bisnis tersebut. Pelajaran berharga dalam pengembangan ini adalah mengajak mahasiswa untuk berkreativitas dengan tidak hanya dikelas, tetapi juga dari lingkungan mereka.

Penulis adalah Dosen di Universitas Widyatama Bandung dan Kandidat Doktor di UNPAD.

dan tulisan di web www.merizahendri.com.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari