Tanggal Hari Ini : 23 Oct 2014 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Komunitas BSI Entrepreneur Center
Rabu, 02 Mei 2012 10:14 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Sejak  pertama berdiri tahun 1988  hingga sekarang BSI (Bina Sarana Informatika) sudah meluluskan ribuan mahasiswa. Sayangnya, karena persaingan yang begitu ketat ditambah kecilnya peluang kerja tidak sedikit juga mahasiswa  yang masih menganggur setelah menyandang gelar sarjana.

Hal ini menjadi keprihatinan BSI, dan berupaya keras memecahkan masalah ini. Salah satu jalan keluar yang digagas BSI adalah mendekatkan para mahasiswa dan alumni  BSI dengan dunia industri dan dunia kerja. Mereka diharapkan menjadi pekerja professional di bidangnya. Pilihan ini disebut BSI Carier Center. Program ini mendisain mahasiswa untuk dilatih dan diberikan wawasan bagaimana meraih sukses dalam berkarir.

Sedangkan  jalan keluar kedua adalah mendisain mahasiswa sejak masuk kuliah hingga lulus untuk menjadi seorang pewirausaha handal.

“Mahasiswa diarahkan dan dibimbing agar lebih mandiri dengan menjadi entrepreneur dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” ujar M. Islahuddin, Head Of Departement BSI Entrepreneur Center (BEC) kepada Majalah Wirausaha dan Keuangan beberapa waktu lalu.

Program ini memiliki tujuan menciptakan entrepreneur sebanyak-banyaknya, dengan harapan akan terbentuk lapangan kerja seluas-luasnya.

 

Komunitas BEC

BSI Entrepreneur Centre  berdiri sejak tahun 2006,  dikhususkan bagi mahasiswa dan alumni BSI. Berbeda dengan sekolah sejenis, untuk mengikuti program ini mahasiswa tidak dikenakan biaya sepeserpun. “Kami tidak ingin membebani mahasiswa,”ujar Islah.

Meski begitu bukan berarti materi yang diberikan tidak bermutu. Ada beberapa program yang diberikan yang menjadi kekuatan BEC yaitu program Short Course Entrepreneur,  yaitu  kursus singkat kewirausahaan selama enam bulan.

Selama mengikuti program, mahasiswa akan dididik oleh dua mentor, yakni dari praktisi dan akademisi. Dari praktisi BEC telah bekerjasama dengan pengusaha serta para mentor – mentor yang memiliki misi sama dengan BEC. Sedangkan dari akademisi mahasiswa akan diajar oleh dosen-dosen BSI bagaimana menjalankan bisnis.

Materi yang diberikan berupa praktek dan teori. Untuk teori hanya diadakan selama delapan kali pertemuan yang diadakan secara bergantian dicabang-cabang BSI di Jabotabek. Tujuannya, agar mahasiswa saling kenal dan dapat melakukan curhat mengenai bisnis.  Sedangkan prakteknya, mahasiswa diberikan pilihan, apakah ingin menjalankan bisnis yang bisa mereka jalankan, atau magang bisnis di tempat pengusaha yang sudah bekerjasama dengan BSI.“Perkembangan mereka selalu kami pantau setiap saat,”tegas Islah.

Untuk mengikuti program BEC ini tidak asal masuk saja, menurut Islah mereka terlebih dahulu harus diseleksi untuk mengetahui sebesar apa minat  menjalankan bisnis.“Kami ingin mereka yang mengikuti program BEC benar-benar sukses menjalankan usaha, bukan hanya ikut-ikutan teman saja,”paparnya. Sementara itu agar apa yang diharapkan oleh BSI ini terwujud, hal pertama yang dilakukan adalah merubah mindset mahasiswa untuk berwirausaha.

“Ini merupakan kendala besar, karena  sebagian mahasiswa yang mengikuti program ini masih memiliki keinginan menjadi karyawan. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merubah pola pikir mereka, perlu diberikan contoh para pengusaha yang telah sukses menghadapi jatuh bangun dalam menjalankan bisnis.

Pengalaman mereka inilah yang ditularkan kepada mahasiswa sehingga mereka bisa melakukan benchmarking atau meniru apa yang telah dilakukan oleh pengusaha tersebut agar mereka mampu membuat formula bisnis sendiri, bisa tampil beda, unik serta cermat  membidik target pasar yang diinginkan,”jelasnya. Setelah midset mereka sudah dirubah, barulah materi yang berkaitan dengan bisnis diberikan.

Untuk memberikan wawasan yang lebih banyak, BEC melakukan Roadshow BEC to Campus yang diselenggarakan enam bulan sekali. Roadshow ini lebih mengarah kepada pembentukan mental dan jiwa entrepreneur dengan menghadirkan sejumlah pengusaha muda yang sukses mengembangkan bisnisnya.

Mereka juga akan memberikan tips dan trik cara mudah menjadi pengusaha. Jika mental entrepreneur sudah terbentuk dan tertanam, ke depan apabila mereka ingin menjadi profesionalpun, karier yang mereka impikan lebih cepat digapai.Melalui roadshow ini juga BEC berharap mahasiswa yang mendaftar di BSI Entrepreneur Community terus bertambah.

Saat ini minat mahasiswa yang bergabung dalam program khusus BEC terus bertambah. Mulai pertama dibuka hingga saat ini jumlah mahasiswa yang bergabung sudah berjumlah 800 orang. Ke depan BEC akan terus mengembangkan komunitas BSI Entrepreneur Community untuk meningkatkan kreativitas dan komunikasi antar pengusaha alumni BSI.

 “Melalui komunitas ini mahasiswa dipertemukan dengan mahasiswa dan alumni BSI yang sudah membangun bisnis sendiri. Diharapkan mereka yang belum berani atau bermasalah dalam menjalankan bisnis bisa berkonsultasi dengan teman-temannya sesama pebisnis,”pungkas Islah.

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari