Tanggal Hari Ini : 21 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bisnispun Bisa dari Hobby
Senin, 24 Oktober 2011 11:10 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Banyak orang yang berbisnis dari keinginan untuk kaya. Bagaimana kalau sekarang diubah, berbisnis bukan untuk kaya, tetapi untuk hobby, untuk seneng-senengan.

Karena untuk seneng-senengan, anda tidak memiliki beban menjalankannya dengan berat, justru anda memperoleh kegembiraan. Selain itu,  toh uang bukan segala-galanya bagi anda. Anda telah bekerja cukup lama, berkecukupan, dan telah mengumpulkan uang cukup banyak di bank, anak-anak juga sudah besar, tak harus memaksa anda untuk mencari uang untuk membiayainya. Kini anda hanya perlu waktu untuk beraktifitas secara produktif, hobby tersalurkan, syukur-syukur  memperoleh penghasilan tambahan.

Apa hobby anda, dan bagaimana mengubah hobby dari kesenangan yang mengeluarkan uang, menjadi hobby yang menghasilkan uang. Mari kita mengubahnya, santai tetapi lihat hasilnya. 

Hobby Memelihara Ikan Hias

Hobby memelihara ikan hias termasuk hobby yang mahal, bayangkan untuk membeli seekor gold fish kecil seukuran 10 cm anda harus mengeluarkan uang tak kurang dari Rp100 ribu per ekornya, besar sedikit sudah seharga Rp400 ribu.

Jika anda hobby, pasti anda juga memahami cara membudidayakan gold fish yang baik. Mungkin anda memahami bagaimana memijah, membiakkan, hingga memeliharanya sehingga tetap indah dan menawan. Anda senang dan bergairah merawat dan memiliharanya.

Selain anda pasti banyak juga orang lain yang menginginkan hal serupa bukan. Inilah peluang. Peluang bisnis.

Berbeda dengan budidaya ikan konsumsi, ikan hias menekankan kualitas sehingga memelihara ikan hias dapat anda lakukan di lahan sempit, di rumah, atau bahkan di  akuarium atau bak semen yang cukup kecil. Jika lahan yang tersedia cukup kecil, kita harus lebih selektif dalam memelihara ikan hias.

Ada beberapa ikan hias yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, antara lain

Koi, Manfish, Koki, Niasa, Redfin, Lemon, Komet, Sumatra barb, Black Ghost, Aligator, Arwana dan ikan hias jenis lainnya. Ikan-ikan hias tersebut merupakan ikan hias yang biasa dicari para penghobi ikan hias, termasuk anda. Nah sekarang tinggal bagaimana anda mampu menghasilkan ikan hias yang indah,  dan berkualitas bagus. Jika jumlahnya cukup banyak, ikalnkan di iklan baris : menyediakan aneka ikan hias dengan harga murah! Tunggu, anda benar-benar telah menjadi pebisnis ikan hias. 

Hobby Memelihara Ikan Konsumsi 

Debur air di kolam, tambak atau empang, yang berisi ikan-ikan yang sehat berloncatan membuat anda nyaman dan tenteram. Anda rindu hidup di kampung, dengan menjadi nelayan yang jauh dari hiruk pikuk kesibukan. Anda memelihara berkilo-kilo aneka ikan, mulai dari mujair, ikan patin, bawal, lele, gurame, ikan mas, hingga aneka ikan air tawar lainnya.

Semula mungkin anda berfikir, memelihara ikan hanya untuk kesenangan belaka. Ingin memancing setiap hari dengan sepuasnya, ingin mengkonsumsi dengan pilihan yang sesuka nada, sekedar hobby, namun tunggu dulu, jika jumlahnya banyak anda layak mempertimbangkan menghubungi relasi anda yang telah memiliki jaringan rumah makan dan restoran untuk merasakan hasil ikan budidaya anda. Percayalah ini bisnis besar.

Hobby Memelihara Ayam Kampung

Sewaktu anda masih kanak-kanak, hidup di kampung, ayam adalah bagian dari keseharian.  Ada kalanya anda adu, anda elus-elus, dan anda sangat dekat dengan bunyi kukuruyuuuk  setiap subuh menjelang.

Anda sangat menikmati hidup dengan ayam, dan hobby memiliharanya, bahkan dengan bermacam-macam jenis dan varitas ayam kampung dari berbagai daerah. Anda tidak sendiri, ayam kampung yang jantan mahal harganya untuk hiasan, yang betina banyak dicari pemilik warung soto atau warung makan yang menyediakan menu ayam ‘asli’ kampung. 

Jika anda hobby, anda pasti tahu bagaimana memeliharanya dengan baik, bahkan menetaskannya dengan bantuan mesin penetaspun anda sangat lihay dan cekatan. Urusan senang sudah didapat, kalau jumlahnya banyak, anda bisa mempromosikan kepada relasi-relasi anda bahwa anda kini dapat menyediakan pasokan ayam kampung yang benar-benar dari kampung. Terlebih jika anda dapat memelihara khusus ayam anda dengan konsumsi dari produk-produk organic, kemudian anda mengatakan : saya adalah produsen ayam kampung organic satu-satunya di kota ini. Bukankah ini bisnis besar?.

Hobby anda yang lain, seperti bertani buah-buahan, sayur-sayuran, atau menanam cabe di pekarangan dengan lahan terbatas, mungkin awalnya hanya sebagai hobby semata. Menggerakkan sebuah keasyikan anda sehari-hari dari hobby ke bisnis itu tak memerlukan langkah yang rumit dan sulit. Anda hanya mengikuti gerak hati anda, dimana anda suka dan senang melakukan sesuatu, disitulah bisnis bersemi. Mau mencoba? 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari