Tanggal Hari Ini : 23 Aug 2014 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
GO ENTREPRENEUR BAGI PELAJAR, MAHASISWA DAN PEMUDA
Selasa, 18 Oktober 2011 09:20 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Salah satu misi penting kehadiran Pegadaian adalah membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilakukan dengan memberikan pelayanan jasa keuangan yang mampu meningkatkan dinamika ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat kalangan menengah bawah.

Selain melaksanakan tugas bidang jasa pembiayaan sebagai core bisnisnya, Pegadaian juga melaksanakan tugas sosial dalam bentuk kegiatan Coorporate Social Responsibility (CSR). Bentuk CSR yang dilaksanakan diantaranya di bidang pendidikan, bantuan penanggulangan bencana, hingga bantuan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan pembinaan olah raga.

Pegadaian ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa kepeduliannya bukan saja dilakukan dengan memberikan produk jasa keuangan yang tepat, cepat dan aman bagi masyarakat luas, tetapi juga memberikan dukungan sosial bagi masyarakat kalangan menengah bawah. Karena Pegadaian tahu bahwa keuntungan berasal dari masyarakat, maka sebagian keuntungan juga dikembalikan lagi kepada masyarakat.  

Awal April 2010 lalu, Pegadaian menggulirkan Program Go Entrepreneur  bagi pemuda dan mahasiswa. Untuk tahap pertama, Program Go Entrepreneur bagi Pemuda dan Mahasiswa ini digulirkan di Bogor, Jawa Barat ini bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), selanjutnya akan dikembangkan ke berbagai kampus di Indonesia.

Dipilihnya kampus oleh Pegadaian sebagai basis pengembangan kewirausahaan  karena para mahasiswa telah memiliki bekal pengetahuan dan teknologi sehingga diharapkan produk-produk yang dihasilkan lebih kompetitif.

Program Go Entrepreneur diawali dengan memberikan pembekalan dan pelatihan kewirausahaan kepada para mahasiswa dan pelajar yang berminat untuk berwirausaha. Dari sejumlah mahasiswa dan pelajar yang mengikuti pelatihan kewirausahaan tersebut kemudian dilakukan seleksi untuk mendapatkan para pelajar dan mahasiswa yang benar-benar memiliki minat yang tinggi dengan cara dilakukan wawancara dan program rencana wirausaha yang ingin dilalakukan.

Program Go Entrepreneur tahap pertama ini telah memilih 18 mahasiswa IPB dari berbagai jurusan, dan 5 siswa SMK di Bogor untuk memperoleh pembinaan lanjutan berupa peningkatan kemampuan kewirausahaan dengan mentoring dan bantuan capacity building yang diberikan Pegadaian dalam bentuk natura kepada peserta Program Go Entrepreneur. Bantuan ini diharapkan mampu menjadi pelecut usaha yang dikembangkan oleh para pelajar dan mahasiswa dalam Program Go Entrepreneur Pegadaian. Jenis usaha para mahasiswa antara lain Pengembangan Budidaya Ayam Pedaging Ex-Farm, Bisnis Asesoris Kepompong Ulat Sutra, Budidaya Belut, Produksi Nata De Coco Untuk Munsuply Industri Minuman di Bogor, dll.

Para peserta Program Go Entrepreneur selama menjalankan usahanya akan memperoleh pendampingan dari team yang dibentuk oleh IPB, dan selama menjalankan usaha mahasiswa terus dilakukan secara simultan mengenai monitoring perkembangan usaha, keberadaan usaha, inovasi yang dilakukan serta berbagai permasalahan yang dihadapi. Jika para peserta Program Go Entrepreneur mampu membuktikan kemampuannya mengembangkan usahanya, bukan tidak mungkin Pegadaian akan memberikan dukungan modal dengan fasilitas kredit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan bunga rendah. 

Setelah program ini berjalan dan jika hasil evaluasi menunjukkan manfaat bagi pengembangan kewirausahaan di Indonesia, Pegadaian berencana mengembangkan kegiatan serupa di berbagai kampus di Indonesia, sebagai komitmen Pegadaian yang pro growth, pro job dan pro poor, dengan mengatasi masalah tanpa masalah.

Di halaman berikut Rahma  Utami berhasil memperoleh komentar para penerima capacity building Program Go Entrepreneur Pegadaian.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari