Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Mr Joger : Bukan Sekedar berjualan Kaos
Senin, 17 Oktober 2011 14:00 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Menulis tentang Joger, bukan saja melulu mengulas soal T-shirt Joger yang sudah dikenal oleh banyak orang, tetapi juga menimba lebih banyak hal, soal kewirausahaan, kemanusiaan, cita-cita, dan keinginan anak manusia yang ingin hidup selaras dengan sesama, lingkungan dan Tuhannya. Selama 6 jam lebih, Isdiyanto dan Iswahyuni dari Majalah Wirausaha dan Keuangan, mengorek-ngorek perjalanan bisnis dan kehidupan pria kelahiran Denpasar, 9 September 1951 ini. Hasil liputannya diturunkan pada edisi ini,  dan disambung kembali pada edisi 84 mendatang.

Sabtu, 30 Oktober 2010, jam 10 pagi kami berjanji untuk bertemu dengan Joseph Theodorus Wuliardi (59), atau kerap dipanggil oleh kolega dan karyawannya dengan sebutan  Mr Joger, bos sebuah perusahaan yang beralamat di Jalan Raya Kuta, Bali, bernama ‘Joger Pabrik Kata-Kata’. 

Meskipun ada kalimat pabrik, dalam papan reklame yang tertera, anda jangan membayangkan didalamnya ada peralatan besar, deru alat berat pengakut barang, atau karyawan dengan seragam dan mulut tertutup sedang berhadapan dengan mesin-mesin yang bekerja secara  otomatis.

Tempat yang kami tuju itu menyerupai toko,  seperti kebanyakan bentuk toko lain di Kawasan Wisata Kuta, berhalaman lumayan luas. Uniknya, ketika kami memasuki toko tersebut harus terlebih dahulu melewati security door.

Bagi kami, security door tersebut bukan bentuk dari boom phobia yang pernah melanda Kawasan Kuta, Bali tetapi semacam ucapan ‘selamat datang’ yang unik dari pengelola Joger Pabrik Kata-Kata’ kepada para pelanggan, termasuk juga kepada kami yang baru datang.

Bayangkan, dengan memberlakukan mereka seperti itu, menjadi pengalaman yang sangat khusus bagi para pelanggan yang datang. Mereka diberlakukan sangat istimewa, bukan hanya sejak di Bandara dan Hotel, tetapi juga di lokasi belanja oleh-oleh Joger. Beberapa pengunjung yang dimintai komentar Majalah WK, berucap pendek : menarik, unik, sesuatu yang tidak saya sangka, ujar Alfian, seorang dokter yang sedang mengikuti sebuah acara konvensi di Bali dan menyempatkannya berbelanja t-shir Joger yang kesohor itu.

Belum habis geli dan heran kami mengamati satu demi satu apa yang ada di Joger, kami melihat dan membaca sebuah tulisan pendek pada  rompi yang dikenakan  oleh para karyawan : Lebih baik Dipecut daripada Dipecat. Kalimat yang keras tetapi santun, dan anda yang membaca tetap terkekeh-kekeh juga kan?

Tetapi, nanti dulu, di sini, di Joger,  ternyata tidak ada karyawan, dan tidak ada yang menjadi karyawan. Seorang yang paling senior kepada kami mengatakan, mereka yang bekerja di sini adalah anggota keluarga. Ya, anggota keluarga, ujarnya memastikan.  

Mengatakan dan menganggap mereka adalah anggota keluarga bagi seorang karyawan adalah sebuah penghargaan tertinggi secara immaterial, meskipun diakui Mr Joger, langkah ini sebagai upaya meningkatkan rasa memiliki, dan memotivasi mereka agar dapat bekerja lebih baik tanpa harus di suruh-suruh layaknya buruh. Mereka harus mengetahui bagaimana layaknya bekerja dengan baik, seperti keluarga sendiri.

Benar-Benar Pabrik Kata-Kata     

Di halaman parkir, tempat penitipan barang, pintu masuk, di rak-rak barang, tempat kasir, dinding-dinding bangunan, hingga ruang pribadi Mr Joger, semua penuh dengan kata-kata.    Kami tidak akan mengutip satu persatu tulisan sejenis grafiti di halaman majalah yang terbatas ini. Justru kami ingin mengundang anda untuk datang sendiri ke Kuta, Bali, bukan hanya berbelanja oleh-oleh kaos unik, tetapi benar-benar menikmati kata-kata yang tersebar di semua sudut pertokoan Pabrik Kata-Kata Mr Joger.

Benar, Mr Joger memang bukan hanya sekedar berjualan kaos, tetapi memang pabrik kata-kata

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari